CARA INPUT LAPORAN BOS ONLINE PADA WEB KEMDIKBUD

Tugas tambahan bagi bendahara BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Selain harus membuat laporan BOS secara manual, bendahara juga dituntut melaporkannya secara online ke situs https://bos.kemdikbud.go.id/ yang rutin dilakukan tiap triwulan pada tahun anggaran berjalan. Dengan adanya tuntutan seperti demikian, Bendahara BOS diruntut harus mengerti IT atau paling tidak bendahara didampingi oleh operator BOS yang tentunya harus mengerti masalah komputer dan Internet. Karena sekarang ini berbagai laporan apapaun yang berkaitan dengan pendidikan termasuk laporan BOS sudah dilakukan secara komputerisasi dan berbasis web. Oleh karena itu bendahara BOS sering didampingi oleh operator bos yang bertugas melaksanakan pelaporan bos secara online.

laporan bos online pada web kemdikbud

Saya sendiri merupakan salah satu operator BOS yang sering melakukan pelaporan BOS secara online. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan dengan  teman -teman seprofesi tentunya dalam hal cara input laporan BOS online ke website Kemendikbud. Bagi para master BOS saya mohon ijin untuk share dan bagi para operator BOS yang pemula semoga artikel tentang cara input laporan bos online ini bisa membatu dan bermanfaat.

Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai cara input laporan BOS online bisa anda baca pada penjelasan dibawah ini:

Bahan yang harus dipersiapkan diantaranya:

  • Komputer beserta jaringan internetnya
  • Rekening BOS
  • Format k7 dan k8
  • Daftar faktur pembelian buku (jika ada belanja modal buku)

Langkah-langkah Pelaporan BOS Online di Web Kemdikbud:

#Langkah 1

Silahkan anda masukan alamat: https://bos.kemdikbud.go.id/ pada kolom URL browser yang anda gunakan (terserah anda mau pake browser manapun) disini yang saya gunakan adalah browser google chrome. Seperti gambar dibawah ini dan kemudian tekan ENTER.

bos online

#Langkah 2

Setelah muncul Portal halaman situsnya selanjutnya anda tinggal memilih menu LOGIN SEKOLAH yang berada pada bagian bawah halaman. Seperti gambar dibawah ini.

bos online

#Langkah 3

Silahkan anda inputkan email dan password DAPODIK sekolah anda untuk Login ke halaman situs BOS Kemdikbud. Seperti gambar berikut ini.

bos online

#Langkah 4

Setelah halaman Laporan BOS terbuka. Selanjutnya anda pilih menu LAPOR yang berada di sebalah kiri halaman. Pada menu ini ada beberapa sub menu diantaranya
1.       Pilih Tahun          : Berisi daftar tahun Laporan bos yang sudah diinput
2.       Pilih Triwulan      : Berisi daftar triwulan sesuai dengan Tanhun Naggaran yang dipilih
3.       Tampilkan           : Untuk memunculkan hasil input pelaporan BOS tiap triwulan yang dipilih
4.       Tambah              : Tombol untuk menginputkan laporan bos (akan terbuka poin-poin
                                   Pembiyayan bos sesuai yang tertera pada juknis bos format k7 dan k8.
5.       Daftar tahun jika di klik berisi rekapituasi hasil input laporan bos.
Lihat gambar dibawah ini.

bos online

#Langkah 5

Karena anda disini akan menginputkan laporan bos maka anda pilih tombol tambah seperti pada gambar berikut ini.

bos online

#Langkah 6

Pada bagian ini silahkan anda pilih tahun dan triwulan terlebih dahulu. Kemudian masukan jumlah penerimaan dana yang diterima sesuai yang tertera pada rekening bank. Setelah itu baru anda input 11 poin nilai Penggunaan dana per komponen sesuai dengan data di format K7 dan K8 yang anda miliki. Setelah semua selesai diisi tekan tombol proses untuk menyimpan. Seperti pada gambar berikut.

bos online

bos online

#Langkah 7

Data yang tadi anda input pada langkah 6 bisa dilihat pada halaman sebelumnya dan jika ada kekeliruan dalam penginputan data dapat diperbaiki dengan memilih tombol edit. Seperti pada gambar berikut.

bos online

#Langkah 8

Ulangi dengan cara yang sama untuk penginputan data triwulan berikutnya dengan menyesuaikan tahun dan triwulannya. Seluruh input data sudah dilakukan maka selesai juga pekerjaan input laporan BOS online pada web Kemdikbud. Selanjutnya klik tombol Logout. Seperti gambar berikut.

bos online

Demikian artikel megenai Cara Input Laporan Bos Online Pada Web Kemdikbud saya bagikan. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Semoga artikel ini bisa membantu dan tentunya dapat bermanfaat bagi anda semua.

Belum ada Komentar untuk "CARA INPUT LAPORAN BOS ONLINE PADA WEB KEMDIKBUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel