RESEP SAMBAL HOT JELETOT

RESEP SAMBAL HOT JELETOT. Siapa sih yang tidak mengenal sambal. Tentunya hampir semua orang sudah mengetahuinya, khususnya bagi kalangan yang menyukainya. Bagi pecinta sambal, menu ini termasuk makanan wajib yang harus hadir dalam setiap santapan sehari-hari apapun itu lauknya. Sensasi pedas yang muncul akan memberikan kenikmatan tersendiri di lidah yang tidak dapat terlewatkan.

Ibarat orang mengatakan "makan tanpa sambal seperti sayur tanpa garam". Akan terasa kurang sedap dan kurang nikmat rasanya. Walaupun sambal ini termasuk menu pelengkap makanan, namun jangan salah kehadirannya membuat suasana makan akan terasa lebih nikmat. Apalagi jika dikombinasikan dengan lalapan-lalapan segar, sudah bisa dibayangkan suasana makan akan jadi lebih bergairah.

Sekarang ini sudah banyak menu sambal yang telah diciptakan dengan berbagai kreatifitas tinggi dalam meramu bahan-bahan dasarnya. Dengan tidak menghilangkan ciri khas sambal yang bercitra rasa pedas. Saya sendiri sebagai salah satu pecinta sambal telah mencoba berkreasi menciptakan menu sambal yang lezat dengan nama Resep Sambal Hot Jeletot. Resep ini tentunya hadir dari pengalamn dan hobi saya dalm memasak dan pada kesempatan ini saya ingin berbagi resep sambal hot jeletot dengan anda.

Bahan-bahan:
  • 50 gr cabe rawit (mau yang hijau atau merah sama saja, caampuran juga boleh)
  • 2 buah tomat besar
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam (secukupnya)
  • penyedap rasa
  • gula (secukupnya)
  • 5 sdm minyak goreng
Cara Membuat:
  1. Cuci semua bahan-bahan diatas sampai bersih.
  2. Ulek bahan-bahan no. 1 s.d no. 4 (cabe rawit, tomat, bawang merah dan putih) secara bersamaan diatas ulekan batu yang cukup besar agar lebih leluasa. Pastikan hasil ulekan sedikit kasar jangan sampai terlalu halus.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng dengan api sedang
  4. Setelah minyak cukup panas masukan bahan-bahan yang sudah diulek tadi kemudian aduk rata sampai harum.
  5. Tambahkan daun jeruk dan aduk rata sampai keluar bau daunya.
  6. Masukan garam, penyedap rasa dan gula kemudian aduk lagi sampai semua bahan tercampur.
  7. Tes rasa apakah sudah sesuai selera atau belum
  8. Matikan kompor angkat dan masukan kedalam wadah
  9. Sambal Hot Jeletot siap dihidangkan bersama dengan lalapan dan lauk lainnya.
Mudah bukan cara membuat Resep Sambal Hot Jeletot diatas. Yang pasti rasanya nendang dan pedasnya itu lho...yang bikin kita ketagihan. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RESEP SAMBAL HOT JELETOT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel