Jagung pelangi, si cantik sahabat penderita diabetes

Siapa sih yang tidak mengenal jagung. Tanaman ini termasuk salah salah satu makanan pokok pengganti nasi yang sering di konsumsi warga masyarakat indonesia. Walaupun bukan tanaman asli indonesia tetapi jagung bisa tumbuh subur hampir di seluruh wilayah indonesia yang beriklim tropis.

Jagung pada umumnya memiliki biji yang berwarna kuning. Namun, sekarang ini ada jagung jenis baru yang memiliki warna lain seperti putih dan hitam. Bahkan, ada pula jagung  yang memiliki warna biji yang bervariasi dalam satu bongkonya. Orang-orang banyak menyebutnya dengan jagung pelangi. Unik dan menarik bukan.

Foto: Jagung Pelangi (glass gem corn rainbow) 
Jagung pelangi ini mulai dikenal, berawal dari seorang petani  yang bernama Luki Lukmanulhakim asal Cianjur. Luki membudidayakan jagung ini di lahan pertaniannya seluas 3 hektare yang terletak di Kampung Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Memang jangung pelangi ini merupakan varian baru sehingga banyak orang yang merasa penasaran ingin tahu. Bahkan ada pula yang sengaja datang langsung ke Cianjur untuk sekedar melihat dan mencicipi rasanya.

Rasa dan Tekstur


Sudah banyak orang yang sudah memcicipi rasanya. Mereka rata-rata berkesimpulan bahwa jagung pelangi yang dikenal dengan istilah "glass gem corn rainbow" ternyata rasanya sama seperti jagung pada umumnya.

Meskipun tidak seenak dan selegit jagung manis tentunya. Namun, tekstur jagung pelangi ini sedikit lebih pulen. Sementara jagung manis cenderung teksturnya lebih renyah jika dikunyah.


Jangung Pelangi Baik Untuk Penderita Diabetes

Jagung Pelangi ternyata memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik bagi kesehatan dibandingkan jagung biasa. Beberapa hasil study penelitian menjelaskan bahwa kandungan warna yang terdapat dalam biji jangung ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jagung pelangi memiliki kadar gula yang rendah. Selain itu, kandungan proteinya juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jagung biasa, sehingga membuatnya memiliki khasiat bagi kesehatan. Misalnya biji jagung yang berwarna hitam ternyata sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sejauh ini hasil survey mengatakan bahwa peminat jagung pelangi semakin lama kian banyak. Apalagi, bagi mereka yang sadar akan pola hidup sehat. Jagung pelangi ini banyak dicari sebagai sumber karbohidrat yang aman dan bersahabat bagi tubuh dan tentunya bagi kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Jagung pelangi, si cantik sahabat penderita diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel