Soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 Tinggal Edit
Rabu, 04 Maret 2020
Tambah Komentar
Penilaian Tengah Semester (PTS) genap sebentar lagi akan dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah sebagi salah satu rangkaian evaluasi kompetensi siswa pada tengah semester berjalan.
Sesuai dengan Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2019/2020 kegiatan PTS ini diperkirakan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Maret. Oleh karena itu, setiap guru harus mempersiapkan soal ujian berbasis HOTS sebagai instrumen evaluasi hasil belajar siswa pada tengah semester.
Pada kesempatan ini pula admin blog giwangkarainfoshare13.blogspot.com akan mencoba berbagi soal PTS dengan rekan guru semuannya.
Kali ini tidak semua mata pelajaran yang akan saya sajikan sebagai referensi, namun saya khususkan untuk Soal HOTS PTS Bahasa Indonesia Kelas 7. Mengapa demikian , sebab bahas Indonesia ini merupakan mata pelajaran yang saya ampu pada tahun ajaran sekarang.
Baiklah, berikut ini adalah naskah soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020 lengkap dan anda tinggal edit.
PEMERINTAH
KABUPATEN ..............................
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI ...........................................
SEKOLAH STANDAR
NASIONAL
Jalan
...............................................................................................................
PENILAIAN TENGAH
SEMESTER (PTS) GENAP
TAHUN PELAJARAN
2019-2020
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa
Indonesia
|
Hari,
tanggal
|
:
|
.......................................
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII
/ Genap
|
Waktu
|
:
|
.......................................
|
A. Pilihlah
jawaban yang tepat dengan cara menghitamkan bulatan kecil pada lembar jawaban
yang telah disediakan!
1.
Perhatikan
pantun di bawah ini!
(1)
Tumbuhlah lumut dengan kemumu
(2)
Ambil penjolok tabung madat
(3)
Hidup tidak berilmu
(4)
………………………
Larik yang
tepat untuk melengkapi pantun yang
rumpang di atas
adalah ….
A.
Angin barat gelombang barat
B.
Sesat jalan dunia akhirat
C.
Ayah pergi ibu berangkat
D.
Kalau adik tahu ibarat
2. Perhatikan
pantun di bawah ini!
Sari
kelapa buah nira
Nira
diolah untuk sedekah
Gembira
hati tiada terkira
Ibu datang
bawa hadiah
Gembira
hati tiada tara
Nira
diolah untuk sedekah
Berdasarkan
pantun di atas, baris yang merupakan sampiran ... .
A.
Sari kelapa buah nira
B.
Nira diolah untuk sedekah
C.
Nira diolah untuk sedekah
D.
Sari kelapa buah nira
3. Perhatikan
ilustrasi di bawah ini!
Faras
sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda
itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat peringkat di kelas.
Pantun yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... .
A. Kota Jambi kota
beradat
Tempat
tinggal sanak saudara
Mari kita
belajar giat
Supaya kelak
tidak sengsara
B. Raja buah si
raja pisang
Sedap disantap
di kala senja
Riang
hati bukan kepalang
Sepeda impian
di depan mata
C. Buah duku buah
durian
Dibeli ibu di
pasar kenari
Senang hati dapat
undian
Seperti mimpi
siang hari
D. Ke Selat beli
ikan selar
Beli juga
tempoyak durian
Jika kita rajin
belajar
Prestasi tinggi
mudah diraih
4. Perhatikan
larik-larik pantun berikut!
1)
Mendapat kawan senang rasanya
2)
Bila dimasak dan dimakan
3)
Tentu boleh kita berkenalan
4)
Ikan laut enak rasanya
Larik
pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .
A.
4 – 3 – 2 – 1
B.
1 – 3 – 2 – 4
C.
4 – 2 – 1 – 3
D.
2 – 3 – 1 – 4
5. Perhatikan
pantun berikut!
1)
Pohon jati pohon bambu
2)
Tumbuh rimbun menjadi pagar
3)
Menangis adik di depan . . . .
4)
Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata
yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama
adalah ...
A.
pintu
B.
taman
C.
rumah
D.
pagar
Perhatikan syair berikut untuk
menjawab soal nomor 6 dan 7!
Beta
menunggu tidak tersabar,
Dalam
hati berdebar-debar,
Rasa
rindu tidak terkhabar,
Bila
bersua tersenyum lebar.
Di
dwi Maya beta khabarkan,
Rindu
di hati beta luahkan,
Khabar
tersusun beta tuliskan,
Untuk
dikongsi bersama rakan.
Warkah
abang sudahlah tamat,
Rindu
di hati terlalu amat,
Cinta
abang di hati tersemat,
Sya’aban
1424 tamat.
6. Syair tersebut
bertema …
A.
Ketuhanan adalah segalanya
B.
Kemanusiaan menjadi maya dalam hati
C.
Cinta kasih mempererat kedamaian hati
D.
Cinta tanah air diperjuangkan hingga tamat
7. Pesan yang
disampaikan dalam syair tersebut …
A.
Jangan gila karena cinta
B.
Jatuh cinta membawa duka
C.
Kerinduan seseorang akan menyiksa batin
D.
Kerinduan seseorang akan terobati dengan menuliskan surat
8. Puisi berikut
ini yang merupakan syair adalah …
A.
Bila kita bersama sudah,
Dunia ini terlalu in dah,
Dinda cantik permata
bertahta,
Cantik rupa bicara petah.
B.
Ditenun kain dengan kapas,
Bermacam-macam warna ragi,
Perahu lilin layar kertas,
Berani kulunggar lautan api.
C.
Buah rambutan masak sebuah,
Kalau dimanakn manis
rasanya,
Nona yang berbaju merah,
Sudahkah ada yang punya?
D.
Air dalam bertambah dalam,
Hujan di hulu belum lagi
teduh.
Hati dendam bertambah
dendam,
Dendam dahulu belum lagi
disentuh.
9. Perhatikan
pernyatan-pernyataan berikut!
(1)
Bersajak a-a-a-a.
(2)
Jumlah kata tiap baris bebas
(3)
Bait pertama dan kedua merupakan sampiran
(4)
Tiap baris terdiri dari 8 sampai 10 suku kata
Ciri-ciri
syair ditandai oleh nomor ... .
A.
(1) dan (3)
B.
(1) dan (4)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
10. Perhatikan
kutipan syair berikut!
Usaha
yang selalu ada
dapat
mengubah nasib sengsara
karena
Tuhan Maha Pemurah
selalu
mendengar doa dan pinta
Bait
puisi di atas disebut syair dengan alasan berikut, kecuali ... .
A.
baitnya terdiri atas empat baris
B.
setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
C.
terdiri dari sampiran dan isi
D.
rima akhir berpola a-a-a-a
11.
Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Dalam satu bait terdiri dari empat baris.
2)
Semua baris merupakan isi.
3)
Baris 3-4 adalah isi.
4)
Berima sama.
5)
Berisi nasihat dan pesan moral.
Pernyataan
yang benar tentang gurindam adalah ... .
A.
2); 4); 5)
B.
1); 4); 5)
C.
1); 2); 5)
D.
2); 3); 4)
12.
Berikut ini
adalah contoh gurindam yang tepat terdapat adalah... .
A.
Buah duku buah durian
Hanya kamu kesayangan
B.
Buah duku buah durian
Durian matang enak sekali
C.
Jika ingin jadi anak pintar
Setiap saat harus belajar
D.
Jika ingin menjadi mulia
Ingatlah selalu menjadi baik
13.
Perhatikan
gurindam berikut ini!
Jika
ingin mengenal orang mulia
Lihatlah
pada kelakuan dia
Telaah
yang sesuai dengan gurindam di atas adalah... .
A. Gurindam
tersebut menggunakan pola a-b
B. Gurindam
tersebut menggunakan pola pengembangan deduktif
C. Gurindam
tersebut menggunakan pola kalimat majemuk
D. Gurindam
tersebut menggunakan pola kalimat tunggal.
14.
Kalimat berikut
yang menunjukkan hubungan sebab-akibat, yaitu ... .
A.
Belajar di waktu kecil seperti melukis di atas batu.
B.
Dian belajar begitu keras sehingga dapat memenangi olimpiade itu.
C.
Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk hidup; Dengan berpikir cermat generasi muda menggapai asa.
D.
Walaupun belajar banyak godaan, tetaplah teguh mencapai harapan.
15.
Kalimat berikut
yang merupakan kalimat seru, yaitu ... .
A.
Buanglah sampah pada tempatnya
B.
Sebaiknya kau pikir dahulu; Demi keputusan yang tepat
C.
Marilah kita jaga agar lestari
D.
Wahai, pemuda Indonesia teruslah berjuang melestarikan budaya kita.
16.
Perhatikan
pernyataan berikut!
Akhirnya,
Induk Domba berhasil menyelamatkan anak-anak Domba dari cengkraman Serigala
jahat. Serigala itu tewas karena kerakusannya.
Dalam
teks fabel, pernyataan tersebut sering digunakan pengarang pada tahap….
A.
orientasi
B.
komplikasi
C.
resolusi
D. koda
17. Fitur Bahasa
dalam fabel sering ditandai dengan penggunaan kata keterangan yang digunakan
untuk menggambarkan….
A. penampilan fisik dan watak
tokoh
B. peristiwa yang dialami
tokoh
C. latar waktu, tempat, dan suasana.
D. pesan moral dan nilai budi pekerti
18. Pernyataan
berikut ini yang tepat digunakan pada bagian klimaks dalam sebuah
fabel adalah….
A.
Cici akhirnya
tau ternyata Neneknya dimangsa oleh Si Kucing yang jahat. Ia berniat membalas dendam.
B. Di
sebuah rumah manusia, hiduplah Cici Si Cicak bersama dengan neneknya.
C. Cici
Si Cicak yang cerdik selalu membantu neneknya bekerja baik di dalam maupun di
luar sarang.
D. Akhirnya
kedua binatang yang saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan saling
memaafkan.
19.
Perbedaan
mendasar antara fabel dan cerpen terletak pada….
A.
alur
B.
tema
C.
tokoh
D. latar
20.
Pernyataan di
bawah ini yang merupakan keterangan waktu adalah….
A.
Rini
melirik jam dinding. Ia gelisah adiknya belum pulang.
B. Jam
alarm Rosi berbunyi sangat nyaring, namun ia masih tetap saja memejamkan matanya karena masih mengantuk.
C. Saat Serigala
tertidur, Ibu Domba merobek perut Serigala dan mengeluarkan anak- anak Kambing yang telah dimakan Serigala jahat itu.
D. Pak
Tani membuat jebakan di kebun wortelnya supaya Si Kancil yang suka
memakan wortelnya tertangkap.
B.
Uraian
Bacalah
gurindam berikut!
Apabila
kelakuan baik berbudi
Hidup
menjadi indah tak akan merugi
1 1. Tuliskan
isi gurindam diatas
2 2.
Tuliskan
ciri-ciri pantun, gurindam dan syair
3 3.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengancerita Fabel!
4 4.
Tuliskan
unsur unsur cerita Fabel
5 5.
Bacalah
pantun berikut!
Ambillah kapas menjadi benang
Ambillah benang menjadi kain
Kalau kamu ingin dikenang
Berbuat baiklah dengan orang lain
Analisislah pantun tersebut dengan melengkapi isian dalam tabel di
bawah ini!
Sampiran Baris ke ...
Isi Baris ke ...
Hubungan sampiran dan
isi ...
Bahasa yang digunakan
Baris 1 dan 2 menggunakan kalimat ..
Baris 3 dan 4 menggunakan kalimat ...
Jumlah suku kata tiap
baris ...
Jumlah suku kata tiap
baris ...
Belum ada Komentar untuk "Soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 Tinggal Edit"
Posting Komentar