Soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 Tinggal Edit

Penilaian Tengah Semester (PTS) genap sebentar lagi akan dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah sebagi salah satu rangkaian evaluasi kompetensi siswa pada tengah semester berjalan.

Soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2

Sesuai dengan Kalender Pendidikan tahun pelajaran 2019/2020 kegiatan PTS ini diperkirakan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Maret. Oleh karena itu, setiap guru harus mempersiapkan soal ujian berbasis HOTS sebagai instrumen evaluasi hasil belajar siswa pada tengah semester. 

Pada kesempatan ini pula admin blog giwangkarainfoshare13.blogspot.com akan mencoba berbagi soal PTS dengan rekan guru semuannya.

Kali ini tidak semua mata pelajaran yang akan saya sajikan sebagai referensi, namun saya khususkan untuk Soal HOTS PTS Bahasa Indonesia Kelas 7. Mengapa demikian , sebab  bahas Indonesia ini merupakan mata pelajaran yang saya ampu pada tahun ajaran sekarang.

Baiklah, berikut ini adalah naskah soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 tahun Pelajaran 2019/2020 lengkap dan anda tinggal edit.

PEMERINTAH KABUPATEN ..............................
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI ...........................................
SEKOLAH STANDAR NASIONAL
Jalan ...............................................................................................................
 


PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Hari, tanggal
:
.......................................
Kelas/Semester
:
VII / Genap
Waktu
:
.......................................

A.   Pilihlah jawaban yang tepat dengan cara menghitamkan bulatan kecil pada lembar jawaban yang telah disediakan!


1.        Perhatikan pantun di bawah ini!
(1)  Tumbuhlah lumut dengan kemumu
(2)  Ambil penjolok tabung madat
(3)  Hidup tidak berilmu
(4)  ………………………                                      
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun yang
rumpang di atas adalah ….
A.  Angin barat gelombang barat
B.  Sesat jalan dunia akhirat
C.  Ayah pergi ibu berangkat
D.  Kalau adik tahu ibarat

2.      Perhatikan pantun di bawah ini!
Sari kelapa buah nira
Nira diolah untuk sedekah
Gembira hati tiada terkira
Ibu datang bawa hadiah
Gembira hati tiada tara
Nira diolah untuk sedekah
Berdasarkan  pantun di atas, baris yang merupakan sampiran ... .
A.  Sari kelapa buah nira
B.  Nira diolah untuk sedekah
C.  Nira diolah untuk sedekah
D.  Sari kelapa buah nira

3.      Perhatikan ilustrasi di bawah ini!
Faras sangat gembira, sepeda yang ia impikan selama ini menjadi kenyataan. Sepeda itu, hadiah dari Ibu karena ia mendapat peringkat di kelas.
Pantun yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... .
             A.  Kota Jambi kota beradat
            Tempat tinggal sanak saudara
Mari kita belajar giat
Supaya kelak tidak sengsara  
             B.  Raja buah si raja pisang
Sedap disantap di kala senja
Riang hati bukan kepalang
Sepeda impian di depan mata
             C.   Buah duku buah durian
Dibeli ibu di pasar kenari
Senang hati dapat undian
Seperti mimpi siang hari
             D.  Ke Selat beli ikan selar
Beli juga tempoyak durian
Jika kita rajin belajar
Prestasi tinggi mudah diraih

4.      Perhatikan larik-larik pantun berikut!
1)   Mendapat kawan senang rasanya
2)   Bila dimasak dan dimakan
3)   Tentu boleh kita berkenalan
4)   Ikan laut enak rasanya
Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan . . .
A.  4 – 3 – 2 – 1
B.  1 – 3 – 2 – 4
C.  4 – 2 – 1 – 3
D.  2 – 3 – 1 – 4

5.      Perhatikan pantun berikut!
1)   Pohon jati pohon bambu
2)   Tumbuh rimbun menjadi pagar
3)   Menangis adik di depan . . . .
4)   Melihat ibu pergi ke pasar.
Kata yang tepat untuk melengkapi pantun agar bersajak sama dengan larik pertama adalah ...
A.  pintu
B.  taman
C.  rumah
D.  pagar

Perhatikan syair berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Beta menunggu tidak tersabar,
Dalam hati berdebar-debar,
Rasa rindu tidak terkhabar,
Bila bersua tersenyum lebar.

Di dwi Maya beta khabarkan,
Rindu di hati beta luahkan,
Khabar tersusun beta tuliskan,
Untuk dikongsi bersama rakan.

Warkah abang sudahlah tamat,
Rindu di hati terlalu amat,
Cinta abang di hati tersemat,
Sya’aban 1424 tamat.

6.      Syair tersebut bertema …
A.  Ketuhanan adalah segalanya
B.  Kemanusiaan menjadi maya dalam hati
C.  Cinta kasih mempererat kedamaian hati
D.  Cinta tanah air diperjuangkan hingga tamat

7.      Pesan yang disampaikan dalam syair tersebut …
A.  Jangan gila karena cinta
B.  Jatuh cinta membawa duka
C.  Kerinduan seseorang akan menyiksa batin
D.  Kerinduan seseorang akan terobati dengan menuliskan surat

8.      Puisi berikut ini yang merupakan syair adalah …
A.  Bila kita bersama sudah,
 Dunia ini terlalu in dah,
 Dinda cantik permata bertahta,
 Cantik rupa bicara petah.
B.  Ditenun kain dengan kapas,
 Bermacam-macam warna ragi,
 Perahu lilin layar kertas,
 Berani kulunggar lautan api.
C.  Buah rambutan masak sebuah,
 Kalau dimanakn manis rasanya,
 Nona yang berbaju merah,
 Sudahkah ada yang punya?
D.  Air dalam bertambah dalam,
 Hujan di hulu belum lagi teduh.
 Hati dendam bertambah dendam,
 Dendam dahulu belum lagi disentuh.

9.      Perhatikan pernyatan-pernyataan berikut!
(1)  Bersajak a-a-a-a.
(2)  Jumlah kata tiap baris bebas
(3)  Bait pertama dan kedua merupakan sampiran
(4)  Tiap baris terdiri dari 8 sampai 10 suku kata
Ciri-ciri syair ditandai oleh nomor ... .
A.  (1) dan (3)
B.  (1) dan (4)
C.  (2) dan (3)
D.  (2) dan (4)

10.   Perhatikan kutipan syair berikut!
Usaha yang selalu ada
dapat mengubah nasib sengsara
karena Tuhan Maha Pemurah
selalu mendengar doa dan pinta
Bait puisi di atas disebut syair dengan alasan berikut, kecuali ... .
A.  baitnya terdiri atas empat baris
B.  setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
C.  terdiri dari sampiran dan isi
D.  rima akhir berpola a-a-a-a

11.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)   Dalam satu bait terdiri dari empat baris.
2)   Semua baris merupakan isi.
3)   Baris 3-4 adalah isi.
4)   Berima sama.
5)   Berisi nasihat dan pesan moral.
Pernyataan yang benar tentang gurindam adalah ... .
A.  2); 4); 5)
B.  1); 4); 5)
C.  1); 2); 5)
D.  2); 3); 4)

12.    Berikut ini adalah contoh gurindam yang tepat terdapat adalah... .
A.  Buah duku buah durian
 Hanya kamu kesayangan
B.  Buah duku buah durian
 Durian matang enak sekali
C.  Jika ingin jadi anak pintar
 Setiap saat harus belajar
D.  Jika ingin menjadi mulia
 Ingatlah selalu menjadi baik

13.    Perhatikan gurindam berikut ini!
Jika ingin mengenal orang mulia
Lihatlah pada kelakuan dia
Telaah yang sesuai dengan gurindam di atas adalah... .
A. Gurindam tersebut menggunakan pola a-b
B. Gurindam tersebut menggunakan pola pengembangan deduktif
C. Gurindam tersebut menggunakan pola kalimat majemuk
D. Gurindam tersebut menggunakan pola kalimat tunggal.

14.    Kalimat berikut yang menunjukkan hubungan sebab-akibat, yaitu ... .
A.  Belajar di waktu kecil seperti melukis di atas batu.
B.  Dian belajar begitu keras sehingga dapat memenangi olimpiade itu.
C.  Dengan cara menjual koran, dia mendapatkan uang untuk hidup; Dengan berpikir            cermat generasi muda menggapai asa.
D.  Walaupun belajar banyak godaan, tetaplah teguh mencapai harapan.

15.    Kalimat berikut yang merupakan kalimat seru, yaitu ... .
A.  Buanglah sampah pada tempatnya
B.  Sebaiknya kau pikir dahulu; Demi keputusan yang tepat
C.  Marilah kita jaga agar lestari
D.  Wahai, pemuda Indonesia teruslah berjuang melestarikan budaya kita.

16.    Perhatikan pernyataan berikut!
Akhirnya, Induk Domba berhasil menyelamatkan anak-anak Domba dari cengkraman Serigala jahat. Serigala itu tewas karena kerakusannya.
Dalam teks fabel, pernyataan tersebut sering digunakan pengarang pada tahap….
A.   orientasi                
B.   komplikasi                    
C.   resolusi                    
D.   koda

17.  Fitur Bahasa dalam fabel sering ditandai dengan penggunaan kata keterangan yang digunakan untuk menggambarkan….
A.   penampilan fisik dan watak tokoh                     
B.   peristiwa yang dialami tokoh                            
C.   latar waktu, tempat, dan suasana.
D.   pesan moral dan nilai budi pekerti

18.  Pernyataan berikut ini yang tepat digunakan pada bagian klimaks dalam sebuah fabel adalah….
A.    Cici akhirnya tau ternyata Neneknya dimangsa oleh Si Kucing yang jahat. Ia berniat  membalas dendam.
B.  Di sebuah rumah manusia, hiduplah Cici Si Cicak bersama dengan neneknya.
C.  Cici Si Cicak yang cerdik selalu membantu neneknya bekerja baik di dalam maupun          di luar sarang.
D.  Akhirnya kedua binatang yang saling bermusuhan itu sepakat untuk berdamai dan          saling memaafkan.

19.    Perbedaan mendasar antara fabel dan cerpen terletak pada….
A.   alur                               
B.   tema                                 
C.   tokoh                     
D.   latar 

20.    Pernyataan di bawah ini yang merupakan keterangan waktu adalah….
A.    Rini melirik jam dinding. Ia gelisah adiknya belum pulang.  
B.  Jam alarm Rosi berbunyi sangat nyaring, namun ia masih tetap saja memejamkan            matanya karena masih  mengantuk.
C.  Saat Serigala tertidur, Ibu Domba merobek perut Serigala dan mengeluarkan anak-          anak Kambing yang telah dimakan Serigala jahat itu.
D.  Pak Tani membuat jebakan di kebun wortelnya supaya Si Kancil yang suka memakan wortelnya tertangkap.



B.       Uraian
Bacalah gurindam berikut!
Apabila kelakuan baik berbudi
Hidup menjadi indah tak akan merugi
1           1.      Tuliskan isi gurindam diatas
2          2.      Tuliskan ciri-ciri pantun, gurindam dan syair
3          3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengancerita Fabel!
4          4.      Tuliskan unsur unsur cerita Fabel
5          5.      Bacalah pantun berikut!
             Ambillah kapas menjadi benang
             Ambillah benang menjadi kain
             Kalau kamu ingin dikenang
             Berbuat baiklah dengan orang lain

Analisislah pantun tersebut dengan melengkapi isian dalam tabel di bawah ini!
Sampiran   Baris ke ...
Isi Baris ke ...
Hubungan sampiran dan isi           ...
Bahasa yang digunakan   
Baris 1 dan 2 menggunakan kalimat ..
Baris 3 dan 4 menggunakan kalimat ...
Jumlah suku kata tiap baris           ...
Jumlah suku kata tiap baris           ...

Belum ada Komentar untuk "Soal PTS HOTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 Tinggal Edit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel