CARA MENGOBATI LUKA BAKAR YANG BENGKAK DENGAN TANAMAN HERBAL

Alam telah menyediakan begitu banyak tanaman herbal yang berkhasiat. Banyak penyakit bahkan luka bakar sekalipun bisa disembuhkan dengan tanaman herbal. Tanaman herbal mempunyai kelebihan dibandingkan dengan obat kimia karena tanpa efek samping bagi tubuh penggunanya. Khususnya untuk luka luar tubuh seperti bengkak karena terbakar bisa disembuhkan dengan cepat dan aman. Berikut ini adalah beberapa tanaman herbal yang berkhasiat sebagai penyembuh luka bakar berikut cara menggunakannya.

1. Binahong (Anredera Cordifolia)
Semua orang pasti sudah memgetahui tanaman merambat ini. Hampir semua bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan senyawa alkaloid, flavanoid, saponin, dan minyak asiri dalam daun binahong dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya untuk luka bengkak karena terbakar. cara menggunakan tanaman ini cukup mudah nyaitu hanya dengan melumatkan daun secukupnya sampai keluar air kemudian ditempelkan di atas luka. Lakukanlah berkali-kali sampai bengkaknya menghilang.

2. Babadotan (Ageratum Conyzoides)
Tanaman semak ini cukup banyak tumbuh liar di pekarangan rumah. Daunya hijau dengan bunga berwarna putih dan ungu. Tinggi rata-rata tanaman ini adalah 30 cm. Sama halnya seperti binahong, babadotan memgandung saponin, flavonida, dan polifeno yang berguna sebagai penyembuh luka bakar. Babadotan dapat diaplikasikan dengan cara dilumatkan daunnya kemudian ditempelkan langsung di atas luka dan bisa juga direbus kemudian diminum airnya.

3. Pegagan (Centella Asiatica)
Selain dimanfaatkan sebagai lalapan tanaman yang satu ini berkhasiat sebagai pereda luka bakar. Kandungan glikosida triterpenoida memiliki kemampuan penyembuh luka yang sangat dasyat sehingga dapat meredakan luka bakar dengan cepat. Tanaman ini dapat dimanfaatkan dengan cara dilumatkan dan langsung ditempelkan diatas luka bisa juga dengan cara diektrak dalam bentuk kapsul yang praktis.

4. Lidah Buaya (Aloe Vera)
Tanaman penyubur rambut ini mengandung getah seperti jelly licin yang cukup banyak. Efek gatah lida buaya ini memberikan sensasi dingin untuk luka terbakar. Cara menggunakannya cukup mudah hanya dengan metakan dan mengoleskan beberapa irisan daging lidah buaya diatas luka dan rasakan sensasi dinginya yang dapat mengurangi rasa nyeri.

5. Ketumpang (Peperomia pellucida)
Belum banyak orang yang mengetahui tanaman ini sebagai tanaman herbal yang berkhasiat. Tanaman ini banyak dijumpai daerah lembab seperti pinggir sumur dan tepian kolam. Ciri tanaman ini bertektur lunak, batang berdaging, daun padat dan tebal. Cara pemakaian tanaman ini adalah Ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih, lumatkan atau ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang luka dan bengkak. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh.

Demikian cara mengobati luka bakar bengkak dengan menggunakan tanaman herbal yang berkhasiat. Kita hanya berusaha dan tuhan yang menyembuhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGOBATI LUKA BAKAR YANG BENGKAK DENGAN TANAMAN HERBAL"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel