MANFAAT DAN BAHAYA KEROKAN BAGI KESEHATAN


Sekarang ini bayak sekali metode kesehatan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Salah satu diantaranya adalah metode kerokan. Kerokan sudah lama dikenal di masyarakat sebagai cara untuk memyembuhkan masuk angin. Hampir kebanyakan orang melakukan metode ini karena dianggap sederhana dan terbukti ampuh dalam mengatasi masuk angin.
manfaat dan bahaya kerokan bagi kesehatan
Metode Kerokan

Namun, kita tidak mengetahui apakah metode kerokan yang kita gunakan dalam penyembuhkan penyakit itu bisa dijamin aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh. Pada kesempatan ini akan saya kupas mengenai manfaat dan bahaya kerokan bagi kesehatan.

Manfaat Kerokan Bagi Kesehatan
1.    Mengobati Masuk Angin
Dengan adanya gesekan antara koin dengan kulit, maka suhu tubuh akan meningkat. Hal inilah yang akan membuat anda segar kembali dan terbebas dari penyakit masuk angin.

2.    Menetralisir Penyakit
Ketika anda merasa sakit didalam tubuh cobalah melakukan kerokan didaerah tertentu. Hasil kerokan tadi akan membuat kulit anda kemerahan. Kulit anda tadi  mengalami inflamasi dan sekaligus akan menetralisir penyakit.

3.    Proses Penyembuhan Lebih Cepat
Pada saat melakukan kerokan terjadi inflamasi dalam tubuh. Hal itu akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi melakukan penyembuhan dan perbaikan jaringan luka. Pembuluh darah menjadi terbuka. Akhirnya secara alami proses penyembuhan menjadi lebih cepat .

4.    Memberikan Sensasi Menenangkan
Hormon Endhorpin yang timbul dengan mengerok tubuh, dapat disebut sebagai hormon kebahagiaan. Keluarnya hormone inilah yang membuat perasaan anda lebih merasa tenang dan nyaman.

5.    Menyegarkan Badan
Zat asam arang atau Co2 secara otomatis akan keluar dengan sendirinya melalui bagian kulit yang terbuka dari bekas adanya kerokan. Hal ini akan membuat tubuh anda merasa rilek dan merasa segar.

6.    Kulit Banyak Asupan Oksigen
Dengan melelui kerokan maka pori pori kulit akan lebih terbuka. Pori-pori tubuh yang terbuka akan mendapatkan asupan oksigen lebih banyak dari luar sehingga tubuh akan merasa lebih sehat.

7.    Melancarkan Aliran Darah
Akibat gesekan antara kulit dan koin ketika kerokan akan mengakibatkan suhu tubuh meningkat. Hal itulah yang akan memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Dengan lancarnya aliran darah maka pegal linu dan masuk angin akan hilang dengan seketika.



Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan
1.    Memperlebar Pori-Pori Kulit
Bekas dari kerokan akan menimbulkan pori-pori terbuka dan lebih lebar dari biasanya. Kondisi seperti itu seharusnya dihindari karena terbukanya pori-pori tadi akan mempermudah masuknya bakteri dan virus kedalam tubuh atau bahkan masuk  ke pembuluh darah darah.

2.    Memberikan Efek Ketagihan (pengen dikerok terus)
Hormon Endhorpin  yang keluar karena kerokan, untuk beberapa orang akan menimbulkan perasaan ketenangan dan nyamanan sehingga mereka jadi ketagihan untuk melakukannya lagi.

3.    Bayi Lahir Prematur (bagi ibu hamil)
Ibu hamil dilarang keras melakukan kerokan pada tubuh. Jika terbiasa, maka bayi bisa lahir prematur. Ini terjadi karena pada saat kerokan tubuh akan memproduksi hormon sitokin yang membuat perang kontraksi dini dan mempercepat proses kelahiran.

4.    Stroke
Melebarnya pembuluh darah karena kerokan  membuat peredaran darah ikut melebar juga. Hal ini dikhawatirkan risiko penyakit stroke akan mengintai anda. Dengan catatan anda jangan terlalu sering melakukan kerokan pada tubuh anda sehingga kekhawatiran tadi dapat segera dihindari.

Itulah barangkali info seputar manfaat dan bahaya kerokan bagi kesehatan yang bisa saya share. Kenali manfaatnya dan ketahui bahayanya dari kerokan supaya anda terhindar dari bahayanya dan dapat merasakan manfaatnya.  Lakukan segala sesuatu hal tanpa berlebihan, lakukan seperlunya saja agar senantiasa anda mendapatkan segala manfaat dan jauh dari bahayanya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "MANFAAT DAN BAHAYA KEROKAN BAGI KESEHATAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel