7 Kebiasaan untuk mengurangi mata minus

Mata minus merupakan gangguan pada mata dimana fungsi melihat menjadi menurun. Mata minus itu sendiri tidak dikategorikan sebagai penyakit namun lebih cenderung pada berkurangnya fungsi penglihatan yang diakibatkan oleh beberapa faktor yang menyebabkannya. Hal ini tentunya sangat mengganggu anda dalam aktifitas sehari-hari.

7 kebiasaan untuk mengurangi mata minus
Image: kaca mata minus
Ada banyak sebenarnya penyebab mata minus, mulai dari faktor keturunan, kebiasaan membaca dengan posisi nyang salah, kurangnya aktifitas diruang ruangan sampai dengan faktor usia dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bagai mana cara mengurangi mata minus tersebut melalui beberapa kebiasaan yang dapat anda lakukan.


Berikut ini adalah 7 Kebiasaan Untuk Mengurangi Mata Minus 

1.    Rutin konsumsi jus lidah buaya

Selain bermanfaat untuk kecantikan, jus lidah buaya mempunyai manfaat lain untuk menjaga kesehatan mata. Sifat anti inflamasi dan peradangan pada lidah buaya mempunyai peran penting dalam memelihara mata. Mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur dalam jangka wakyu 1 minggu penuh dipercaya dapat meningkatkan penglihatan anda dikarenakan zat gizi yang ada didalam jus lidah buaya tersebut.

2.    Rajin minum jus buah bit

Tenyunya banyak orang yang tidak terlalu familiar dengan jenis buah ini. Meski disebut buah, namun buah bit dikategorikan kedalam jenis sayuran. Warna merah pada buah bit merupaka bukti kandungan vitamin yang sangat baik bagi mata anda. Konsumi jus buah bit secara teratur pada pagi dan sore hari selama 1 minggu akan mempercepat anda mengcapkan selamat tinggal pada mata minus.

3.    Teratur minum jus wortel

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran berwarna orage ini. Wortel sudah dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A dan tentunya berkahsiat untuk membantu memelihara fungsi penglihatan kita. Makanan kesukaan kelinci ini jika dikonsumsi secara rutin sebanyak dua gelas jus dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

4.    Kebiasaan terapi dengan lilin


Cara menyembuhkan mata dengan lilin ini merupakan salah satu solusi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Sebagian besar berpendapat ini merupakan cara yang ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat. Cara menyembuhkan mata minus dengan lilin harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal. Nah, berikut adalah langkah yang harus dilakukan untuk cara menyembuhkan mata minus dengan lilin:
  • Nyalakan lilin, Tatap lilin selama beberapa menit dan usahakan utnuk tidak selalu berkedip
  • Lakukan kegiatan itu terus menerus sampai air mata keluar. 
  • Jika air mata sudah keluar, hentikan, 
  • Ulangi keesokan harinya.
Namun yang perlu diingat adalah jangan berlebihan melakukan terapi lilin ini. Karena tentunya tidak baik juga untuk kesehatan mata Anda.


5.    Terapi dengan daun sirih

Kandungan minyak esensial, yaitu sineol, karvakol, eugenol, kavikol, dan kadinen. Minyak atsiri dalam daun sirih mengandung pati, gula, zat samak, seskuiterpen, diatase, dan kavikol. kavikol berguna untuk membunuh bakteri, jamur, dan sebagai antioksidan. Eitt...sebentar nya, tapi daun sirih ini bukan untuk diminum airnya atau dimakan daunny aya!!. Berikut langkah cara menyembuhkan mata minus dengan daun sirih:

Cara pertama adalah:

  • Siapkan 2 lembar daun sirih segar
  • Cuci daun sirih dengan yang mengalir
  • Tempelkan daun sirih di mata anda saat sebelum tidur
  • Lepaskan daun sirih saat pagi

Cara kedua berikut langkahnya:


  • Siapkan beberapa lembar daun sirih segar
  • Cuci bersih dengan air yang mengalir
  • Rendam daun sirih dalam baskom
  • Saat direndam, remas-remas daun sirih sampai air tersebut berubah warna menjadi hijau
  • Selanjutnya, rendam mata Anda dalam baskom yang sudah terisi air sirih. Pada saat mata terendam air, cobalah untuk membuka dan menutup mata dengan maksud air sirih masuk ke mata Anda
  • Lakukan selama 30 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6.    Terapi dengan melepas kaca mata

Membiasakan melepas kacamata anda untuk mencoba melihat objek-objek tertentu merupakan termasuk terapi mata yang cukup ampuh dalam mengurangi mata minus. Berikut adalah langkah-langkah terapi melepas kaca mata yang bisa anda lakukan:
  • Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk. Anda bisa melakukan latihan ini dalam posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan telunjuk anda 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan anda ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus anda ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus anda ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.
  • Senam mata. Caranya, goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.
  • Menjemur mata pagi hari. Cara berjemur dapat anda lakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

7.    Kebiasaan melakukan eye plaming

Sebenarnya cara menyembuhkan mata minus dan silinder relatif sama. Namunada perlakuan khusus bagi mata yang silinder. Yakni melakukan kegiatan seperti berikut:
  • Pertama gosokkan kedua belah telapak tangan hingga terasa agak hangat.
  • Pejamkan mata lalu tutup dengan kedua telapak tangan tersebut (jangan ditekan, cukup tempelkan saja).
  • Usahakan tidak ada cahaya yang masuk.
  • Ulangi beberapa kali hingga mata terasa lebih enak dan nyaman.
  • Kamu bisa melakukan eye palming ini kapanpun saat mata mulai terasa tegang dan penat.

Itulah barangkali 7 Kebiasaan Untuk Mengurangi Mata Minus. Selamat mencoba, semoga dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diuraikan diatas dapat menyembuhkan mata minus anda secara permanen.

Belum ada Komentar untuk "7 Kebiasaan untuk mengurangi mata minus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel