Cara mengkonsumsi kopi yang baik dan sehat

CARA MENGKONSUMSI KOPI YANG BAIK DAN SEHAT
kopi hitam/murni
Kopi merupakan minuman favorit semua kalangan. Orang tua, pemuda, bahkan anak-anak sangat menyukai minuman ini. Rasa dan aroma kopi yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kopi. Dari dulu sampai dengan sekarang sebagian besar masyarakat indonesia menjadikan kopi sebagai minuman wajib yang mesti ada dalam setiap situasi dan keadaan. Sehingga dapat di katakan kopi adalah salah satu minuman yang paling populer dan sangat nikmat untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun perlu diketahui, walaupun kopi mempunyai rasa yang nikmat dan digemari oleh banyak orang, minuman ini terbilang cukup keras efeknya jika dikonsumsi dengan cara yang salah dan berlebihan. Tidak sedikit ahli medis mengatakan bahwa kopi mengandung kafein yang tinggi sehingga bisa mengganggu kinerja jantung dan tekanan darah pada manusia.

Meski memang berbahaya bagi jantung dan tekanan darah, anda tidak perlu risau dengan hal tersebut. Sebab, jika kopi dikonsumsi dengan cara yang baik dan sehat justru akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Atau dengan kata lain, konsumsi kopi dengan takaran dan porsi yang tepat bisa menyehatkan badan yang salah satu diantaranya adalah untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Berikut adalah Cara Mengkonsumsi Kopi yang Baik dan Sehat yang bisa anda lakukan agar manfaat kopi bisa berdampak baik bagi tubuh anda. Coba anda simak cara-caranya sebagai berikut:
  • Dalam konsumsi harian, kopi dapat diminum sebanyak secangkir di pagi hari. Walaupun konsumsi lebih dari itu, diberikan toleransi tidak melebihi 3 cangkir konsumsi per hari. Manurut studi kesehatan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kopi di pagi hari dapat menurunkan resiko terkena obesitas (kegemukan berlebihan).
  • Jangan mengkonsumsi kopi ketika perut kosong. Pastikan terlebih dahulu agar anda mengisi perut dengan makanan sebelum mengkonsumsi kopi. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa mual dan perih karena asam lambung berlebihan yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya penyakit maag.
  • Cara minum kopi tidak perlu langsung diteguk sampai habis. Tetapi, harus perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Biarkan kopi dingin terlebih dahulu sebab jika diminum panas-panas tidak baik juga untuk kesehatan gigi anda.
  • Yang tida kalah pentingnya dari ketiga cara diatas adalah kopi yang dikonsumsi harus kopi hitam atau kopi murni, bukan kopi yang telah dicampur dengan bahan lain seperti gula, susu, creamer, coklat dan lai-lain. Kopi yang sudah dicampur dengan bahan lain sebenarnya justru akan mengurangi kadar zat yang terdapt dalam kopi itu sendiri sehingga manfaat kopi yang sebenarnya sulit untuk dirasakan.
Minum kopi memang nikmat. Namun, justru harus dikonsumsi dengan cara yang baik dan benar. Perlu diingat meski kopi itu enak, tetapi jika dikonsumsi secara berlebuhan dan diluar takaran yang tepat akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Semoga setelah anda membaca artikel ini dapat merubah kebiasaan salah anda dalam mengonsumsi kopi dan beralih pada Cara Mengkonsumsi Kopi yang Baik dan Sehat.

Belum ada Komentar untuk "Cara mengkonsumsi kopi yang baik dan sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel