Konsumsi Rebung Bambu dan Rasakan Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rebung bambu adalah pohon bambu muda yang berbentuk tunas. Tunas ini biasanya tumbuh disamping pohon bambu yang sudah tua.

Rebung bambu
Bambu Muda
Biasanya masyarakat kita memanfaatkan rebung bambu ini sebagai bahan makanan. mereka mengolahnya menjadi berbagai aneka sayur sebagai lauk teman nasi di meja makan. Teksturnya yang renyah dengan warna putih cerah sangat banyak digemari masyarakat.

Sama halnya seperti pohon bambu tua yang sudah jelas banyak keguaanya. Rebung bambu juga memiliki manfaat yang banyak terutama untuk kesehatan. Jadi pas sekali jika kita sering mengonsumsi masakan dari bahan rebung bambu pastinya anda juga akan merasakan sederet manfaatnya.

Kandungan Gizi 

Jumlah Per 100 g Rebung Bambu mengandung:

Kalori (kcal) 27
Jumlah Lemak 
  • Lemak jenuh                      0.1 g
  • Lemak tak jenuh ganda    0.1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal    0 g
Kolesterol          0 mg
Natrium          4 mg
Kalium 533 mg

Jumlah Karbohidrat
  • Serat pangan  2.2 g
  • Gula 3 g
Protein                2.6 g
Vitamin A         20 IU
Vitamin C            4 mg
Kalsium 13 mg
Zat besi                 0.5 mg
Vitamin D            0 IU
Vitamin B6         0.2 mg
Vitamin B12            0 µg
Magnesium            3 mg

Cara Mengolah Rebung Siap Olah

Sebelum diolah menjadi aneka sayur, anda harus memasak rebung mentah dengan cara sebagai beriku:
  • Bersihkan rebung dengan melepas kulinya sampai bersih
  • Potong-potong daging rebung sesuai selera dan cuci 
  • Rebus potongan rebung tadi hingga empuk 
  • Angkat dan tiriskan 
  • Rebung siap untuk diolah menjadi aneka masakan

Sederet Khasiat dari Mengkonsumsi Rebung


Rebung memang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak. Namun, masih sedikit orang yang tahu khasiat dari mengkonsumsi rebung bambu. Berikit ini adalah beberapa manfaat rebung untuk kesehatan.


Mencegah Sembelit
Sembelit salah satu penyakit yang disebabkan karena sistem pencernaan yang tidak lancar. Hal ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari Anda. Untuk itu, Anda harus terbiasa mengonsumsi rebung untuk mencegahnya. Sebab rebung memiliki kandungan yang kaya akan serat. Rebung dapat menjauhkan tubuh Anda dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil
Manfaat rebung untuk kesehatan yang berikutnya yaitu dapat menstabilkan tekanan darah Anda dengan baik. Karena rebung kaya akan kandungan senyawa kalium. Fungsi kalium yaitu dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan bahkan juga dapat menurunkannya. Jadi, apabila Anda mengalami tekanan darah rendah maka Anda harus banyak  mengonsumsi rebung untuk membuatnya normal.

Membantu Menjaga Kekebalan Tubuh
Kandungan rebung sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Diantaranya yaitu kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi membantu dan menjaga kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi rebung juga sangat penting supaya tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit dan menjadi tetap sehat.

Membantu Mengobati Masalah Menstruasi
Mengonsumsi rebung secara teratur juga mampu membantu berbagai masalah kesehatan reproduksi pada wanita seperti pada saat Anda mengalami menstruasi dan melahirkan. Manfaat rebung dapat membantu mengobati siklus menstruasi Anda yang tidak teratur. Selain itu, rebung juga dapat mengurangi nyeri pada saat persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

Mencegah Gangguan Pernafasan
Rebung juga mampu mengatasi masalah pada pernafasan. Cara penerapannya sangat mudah yaitu pertama-tama Anda perlu membuat rebusan rebung dengan merebusnya sebanyak dua kali. Aturan dalam merebusnya yakni untuk rebusan pertama selama 5 menit dan rebusan kedua selama 10 menit.

Menjaga Kesehatan Kulit
Jika Anda bosan dengan buah-buahan sebagai perwatan pada kulit. Maka Anda memerlukan suatu cara yang baru dengan memanfaatkan rebung. Manfaat rebung tak hanya baik untuk kesehatan jantung tetapi juga bisa menjaga dan merawat kulit Anda. Hal ini disebabkan rebung memiliki kandungan vitamin E dan C yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker
Rebung juga dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker. Karena rebung memiliki senyawa asam fenolik yang dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap penyakit jantung dan kanker. Fitokimia lain yang terkandung dalam rebung yaitu lignin, yang bersifat anitjamur dan anti virus, sehingga dapat membantu Anda supaya tidak mudah terserang penyakit.

Demikian barangkali manfaat mengkonsumsi rebung bambu untuk kesehatan tubuh. Perlu diperhatikan dalam memasaknya hindari penggunaan bumbu-bumbu instan. Pakailah bumbu alami dan sederhana agar manfaat rebung dapat anda rasakan.

Belum ada Komentar untuk "Konsumsi Rebung Bambu dan Rasakan Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel