Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Menjadi Kuota Reguler Yang Full Service

Upaya pemerintah dalam mendukung sekaligus memfasilitasi proses KBM Daring (dalam jaringan) yang merupakan salah satu metode pembelajaran pada masa pandemik covid-19 ini adalah dengan meluncurkan program bantuan kuota gratis untuk semua jenjang pendidikan termasuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen.

Kuota Belajar Kemdikbud
sumber: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id

Adapun kuota belajar yang diberikan pemerintah tersebut porsinya berbeda-beda dan akan diterima selama 4 bulan berturut-turut secara otomatis. Seperti dikutip dari laman https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/ rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Peserta Didik jenjang PAUD mendapatkan bantuan kuota sebesar 20GB/bulan dengan rincian 5GB kuota umum/reguler dan 15GB kuota belajar
  2. Peserta Didik jenjang Dikdas dan Dikmen memperoleh kuota sebesar 35GB/bulan yang dirinci menjadi 5BG kuota umum/reguler dan 30GB kuota belajar
  3. Pendidik jenjang PAUD, Dikdas dan Dikmen mendapatkan bantuan kuota sebesar 42GB/bulan yang terbagi dalam 5GB kuota umum/reguler dan 37GB kuota belajar.
  4. Mahasiswa dan Dosen menerima kuota sebesar 50GB/bulan dengan rincian 5GB kuota umum/reguler dan 45GB kuota belajar.
Bantuan internet diatas memiliki definisi sebagai berikut:
  • Kuota Umum/Reguler artinya kuota tersebut dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi
  • Kuota Belajar yaitu kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman aplikasi pembelajaran.
Sementara itu untuk daftar aplikasi pembelajaran yang dapat diakses oleh kuata belajar dapat anda lihat selengkapnya di laman: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

Namun, yang menjadi Fokus pembahasan pada artikel ini adalah bagaimana menggunakan kuota belajar yang cukup besar tersebut agar dapat dipakai seperti kuota umum/reguler. Sehingga kuota itu bisa untuk mengakses semua layanan termasuk laman dan aplikasi bahkan dapat digunakan untuk memutar video Youtube dan download film.

Baiklah simak saja berikut ini adalah langkah-langkah Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Menjadi Kuota Reguler yang Full Service.

Pertama

Di langkah ini anda membutuhkan aplikasi tambahan dengan nama TLS Tunnel. Anda dapat mendownloadnya melalui play store atau app store. Kemudian lakukan instalasi.

sumber: playstore.com

Kedua

Klik aplikasi untuk membuka dan melakukan penyetingan. Pada pengeturan awal Home di bagian Connection Method  silahkan anda pilih  Custom SNI dan pada SNI Host anda isi dengan g.whatsapp.com. Selanjutnya dibagian bawah pada Server silahkan anda pilih HK 1 dan Port T 443. Kemudian klik start. Jika muncul notifikasi Connection request klik saja OK. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:

Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Layaknya Kuota Leguler yang Full Service

Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Layaknya Kuota Leguler yang Full Service

Ketiga

Untuk mengetahui koneksi telah terhubung silahkan anda buka menu Log pada pengaturan awal aplikasi. Jika sudah mundul keterangan connecting dan connected itu menandakan pengaturan berhasil. lihat gambar berikut:

Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Layaknya Kuota Leguler yang Full Service

Keempat

Buktikan apakah internet sudah dapat digunakan. Bila ada keterangan no internet connection jangan kahawatir karena  sudah dihubungkan dengan TLS Tunnel. Silahkan buka browser dan lakukan browsing seperti biasa atau membuka Youtube.

Tunggu apa lagi, ayo lakukan Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Layaknya Kuota Reguler yang Full Service. Dengan cara di atas kuota belajar anda dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga kuota yang cukup besar tersebut tidak sia-sia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud Menjadi Kuota Reguler Yang Full Service"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel