Cara Mengetahui Kuota Internet Kemdikbud Sudah Diterima atau Belum Untuk All Operator

Kuota Internet Kemdikbud
Sumber: https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mulai menyalurkan  bantuan kuota gratis untuk peserta didik dan tenaga kependidikan. Bantuan ini diberikan untuk menfasilitasi Proses KBM Daring selama masa pandemic Covid-19.

Untuk memastikan penyaluran bantuan Kuota Internet Kemdikbud tersebut tepat sasaran dan nomor ponsel yang didaftarkan itu benar aktif dan sesuai dengan kepemilikannya maka perlu dilakukan verifikasi dan validasi.

Proses verifikasi dan validasi nomor ponsel dilakukan oleh operator di sekolah masing-masing. Hal tersebut wajib dilakukan sebagai jalan untuk menerbitkan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) yang merupakan syarat sebelum bantuan kuota internet gratis itu disalurkan.

baca juga: Kuota Internet Kemdikbud Diperpanjang Mulai Agustus sampai Desember 2021

Bilamana dilapangan ternyata masih ada peserta didik dan tenega kependidikan yang belum mendapatkan bantun kuota gratis tersebut maka harus segera melapor ke Kepala Sekolah untuk selanjutnya ditindak lanjuti oleh operator sekolah.

Hal penting yang harus diketahui untuk menghindari bantuan kuota tersebut tidak sampai maka perlu dipastikan sebelumnya bahwa nomor ponsel yang didaftarkan baik itu dari peserta didik maupun tenaga kependidikan adalah nomor ponsel yang masih aktif dan sim cardnya terpasang dalam ponsel.

Jika semua itu telah dilakukan dengan benar, kita tinggal menunggu saja kuota gratis itu masuk ke nomor ponsel kita. Nah, sekarang untuk mengetahui kuota Internet  tersebut sudah diterima atau belum, silahkan anda cek sendiri secara langsung melalui ponsel masing masing. Ikuti petunjuknya pada uraian dibawah ini:

baca juga: Cara Mengubah Kuota Internet Kemdikbud Menjadi Kuota Pull Service

Cara Mengetahui Kuota Internet Gratis Kemdikbud Sudah diterima atau Belum Untuk All Operator

TELKOMSEL

  1. Via Dial Number, caranya Ketik *888# lalu tekan panggil/ok. Pilih menu no. 3 Cek kuota, kirim. tekan ok. rincian kuota anda akan dikirim melalui SMS.
  2. Via SMS, caranya Ketik UL<spasi>INFO kirim ke 3636. Tunggu beberapa saat nanti ada sms balasan mengenai info kuota anda.
  3. Via Aplikasi My Telkomsel, pertama anda unduh dan instal aplikasi, kemudian buka aplikasinya dan log-in menggunakan nomor ponsel Telkomsel anda

INDOSAT

  1. Via Dial NumberKetik *363# lalu tekan panggil/ok. Selanjutnya pilih menu internet, telepon dan SMS. Kemudian pilih status dan info. Selanjutnya pilih cek kuota. Tunggu sebentar informasi kuota anda akan dikirim melalui SMS.
  2. Via SMSKetik USAGE kirim ke 363. Tunggu informasi kuota dikirim melalui SMS.
  3. Via Aplikasi MyIM3, download dan instal aplikasinya terelbuh dahulu. Kemudian buka aplikasi dan lakukan pendaftaran akun menggunakan nomor indosan yang anda gunakan. jika sudah terdaftar lakukan log-in.

XL

  1. Via Dial NumberKetik *123# lalu tekan panggil/ok. Pilih Menu info. kemudian pulih menu Internet dan cek kuota XL.
  2. Via SMSKetik KUOTA kirim ke 868. tunggu nanti informasi dikirim melalui SMS.
  3. Via Aplikasi MyXLDownload dan kemudian instal aplikasi MyXL. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan kemudian log-in untuk mengecek kuota internet.
  4. Via Web Site, kunjungi laman https://www.xl.co.id/ kemudian login dengan memasukan nomor XL anda

AXIS

  1. Via Dial Number, Ketik *123# lalu tekan panggil/ok. Pilih menu no. 7 MyInfo. Kemudian pilih menu no.3 cek kuota. Kemudian pilih Paket yang ingin anda cek kuotanya.
  2. Via SMS, Ketik kuota kirim ke 123. tunggu sejenak informasi kuota dikirim melalui SMS.
  3. Via Aplikasi AXIS net, mulai dengan mendownload dan instal aplikasi tersebut. Kemudian lakukan sign-in. Jika belum punya akun silahkan lakukan registrasi dan ikuti langkah langkahnya.

TRI/3

  1. Via Dial NumberKetik *111# lalu tekan panggil/ok. Pilih menu no. 4 Cek kuota, kirim. Lalu, Pilih Menu no. 2 Kuota Data, Kirim. Selanjutnya pilih menu no. 1 cek kuota, kirim. terakhir pilih menu no. 1 Data Reguler. Tunggu sebentar info kuota muncul melalui SMS.
  2. Via SMSKetik Info<spasi>data kirim ke 234. Tunggu sesaat info kuot dikirim lewat SMS.
  3. Via Web Site, kunjungi laman http://internet.tri.co.id. Jika belum punya akun lakukan registrasi terlebih dahulu.

SMARTFREN

  1. Via Dial NumberKetik *995# lalu tekan panggil/ok. Tunggu beberapa saat info kuota muncul melalui SMS balasan.
  2. Via SMSKetik cek kirim ke 995. Tunggu sebentar pengguna akan menerima SMS balasan
  3. Via Aplikasi, Download dan instal aplikasi MySmartfren. Selanjutnya lakukan login menggunakan nomor Smartfren anda.
  4. Via Web Site, Akses laman https://my.smartfren.com. Kemudian login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan.

Setiap Operato seluler memang mempunyai caranya sendiri-sendiri untuk mengecek kuota internet gratis dari Kemdikbud. Ikuti saja cara-caranya, sesuaikan dengan kartu seluler yang anda miliki. Demikian barangkali cara mengetahui apakah Kuota Internet Gratis Kemdikbud tersebut sudah Diterima atau belum kedalam nomor ponsela anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk " Cara Mengetahui Kuota Internet Kemdikbud Sudah Diterima atau Belum Untuk All Operator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel