Cara Mudah Cetak dan Simpan Data NISN Online Langsung Dari Browser

sumber: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dimiliki oleh setiap siswa mulai dari jenjang Paud sampai dengan Pendidikan Menengah. Siswa yang sudah terdaftar dalam Dapodik PAUD dan Dapodikdasmen dalam naungan kementrian Pendidikan dan kebudayaan atau EMIS (Education Managemen Information System) di kementrian Agama dapat dipastikan sudah memiliki NISN.

NISN diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan atau Kementrian Agama untuk siswa baru pada jenjang PAUD dan SD. Setiap tahun ajaran baru, siswa baru yang terdaftar disekolah diinputkan dalam aplikasi Dapodik oleh operator sekolah dan kemudian dikirim datanya ke server pusat melalui proses singkronisasi.

Selanjutnya NISN tersebut akan muncul secara otomatis dan masuk ke aplikasi Dapodik setelah melakukan singkronisasi data berikutnya.

Betapa pentingnya NISN bagi siswa sehingga siswa diharuskan memilili NISN. Dengan NISN tersebut siswa sudah terdaftar sebagi peserta didik secara nasional. Disamping itu NISN dapat menjadi syarat dalam berbagai program penyelenggaraan pendidikan seperti untuk pengalokasian dana BOS, penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP), penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan masih banyak lagi. 

Dalam proses pengarsipan,  data NISN kadang diperlukan. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengarsipkan NISN kedalam bentuk kartu. Namun perlu waktu untuk mengerjakannya.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk mencetak dan menyimpan data NISN salah satunya adalah langsung secara online melalui browser. Orang tua maupun guru yang suatu waktu memerlukan data NISN anak dan siswanya bisa mencetak dan menyimpan file NISN dengan melakukannya sendiri. Bagaimana caranya, simak berikut adalah langkah-langkahnya.

Mencetak NISN melalui browser

1. Buka aplikasi browser google chrome di computer anda.
2. Ketikan alamat website berikut https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ lalu tekan enter.


3. Setelah halaman terbuka kemudian klik menu pencarian nama di sebelah menu beranda yang terletak di kanan atas halaman. Lihat gambar berikut.



4. Masukan data siswa yang akan dicarai NISN nya pada kolom yang tersedia dengan benar meliputi nama, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu dan isi kode captcha yang tercantum.
Selanjutnya klik tombol Cari Data sampai muncul hasil pencarian data seperti ditampilkan pada gambar berikut.




5. Setelah muncul hasil pencarian data silahkan anda tekan kombinasi Ctrl + P pada keyboard komputer sampai muncul gambar seperti di bawah ini.



6. Hubungkan komputer anda dengan printer dan pastikan nama printer yang anda gunakan sudah terbaca dan muncul. setelah itu tekan tombol cetak.


7. Selesai.

Menyimpan data NISN 

Jika anda tidak bermaksud mencetak data NISN sekarang dan ingin menyimpan filenya saja untuk dicetak di lain waktu, simak langkahnya-langkahnya sebagai berikut.

Pertama, lakukan cara seperti  pada langkah mencetak NISN dari langkah nomor 1 sampai dengan 5. Selanjutnya pilih menu Simpan sebagai PDF kemudian klik menu Simpan. Tentukan tempat penyimpanan file tersebut di dalam komputer. Ganti nama file di kolom File name dan pastikan Save as type berformat PDF. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.




Demikian barangkali cara mencetak dan meyimpan file NISN siswa langsung melalui browser. Ternyata cukup mudah ya. Orang tua dan guru dapat melakukannya sendiri tanpa harus mengganggu  operator sekolah yang begitu banyak pekerjaannya. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Cetak dan Simpan Data NISN Online Langsung Dari Browser"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel