CARA MENGATASI MASALAH DATABASE DISK IMAGE IS MALFORMED PADA APLIKASI ARKAS

https://arkas.kemdikbud.go.id/
Tidak ada aplikasi yang dibuat langsung sempurna tanpa cela. Seiring berjalannya waktu, semua membutuhkan pengembangan dan penyempurnaan lebih lanjut. Tanpa terkecuali aplikasi ARKAS dari kemdikbud, yang sampai saat ini sudah mengalami beberapa pemutakhiran. 

Update terbaru Arkas yang telah rilis adalah versi 3.4.287. Itu artinya pada versi tersebut sudah dilakukan perbaikan terhadap kelemahan dan kekurangan dari versi sebelumnya.

Namun ya itu tadi namanya juga aplikasi, tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada saja error atau kesalahan yang terjadi ketika digunakan. Akibatnya aplikasi tersebut tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.

Salah satu error yang terjadi pada aplikasi ARKAS adalah munculnya notifikasi database disk image is malformed. Menurut keterangan notifikasi ini muncul karena adanya Corrupt pada database aplikasinya.

Jika dibiarkan hal ini terjadi, maka aplikasi tidak bisa digunakan dan harus segera dilakukan perbaikan.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi aplikasi ARKAS yang mengalami error dikarenakan database disk image is malformed. Simak sampai tuntas, uraian selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi database disk image is malformed ARKAS 

1. Pertama yang harus dilakukan adalah lakukan back up database ARKAS. Caranya, hubungi Admin ARKAS Dinas untuk meminta bantuan agar melakukan back up database. Kemudian simpan file hasil back up tadi di tempat yang aman.

2. Tekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard. Lalu ketikan "%appdata%" tanpa tanda kutip dan tekan OK.

3. Buka folder ArtTech dan masuk ke ARKAS. Paste (Ctrl+V) file database hasil back up tadi kedalam folder ini kemudian klik Replace dan tekan OK.

5. Restart komputer dan buka aplikasi ARKAS dengan menggunakan username dan password seperti biasa. Jika muncul notifikasi "username atau password salah!!!", jangan panik klik saja tombol "Lupa Password" untuk mengajukan reset Password ke Admin Dinas.

6. Setelah permohonan reset password disetujui dan sudah mendapatkan password baru, lakukan login dengan menggunakan password yang sudah diberikan. Setelah berasil masuk demi keamana aplikasi lakukan "Ubah Password".

Coba login kembali ke aplikasi ARKAS dengan menggunakan password yang sudah diubah. Jika berhasil masuk, maka aplikasi sudah berjalan dengan normal dan masalah database disk image is malformed sudah teratasi.

Demikian barangkali solusi untuk mengatasi masalah database disk image is malformed yang dapat dibagikan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENGATASI MASALAH DATABASE DISK IMAGE IS MALFORMED PADA APLIKASI ARKAS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel