KUMPULAN ICE BREAKING SEBAGAI PENYEGAR DISELA-SELA PROSES PEMBELAJARAN

sumber: https://pixabay.com/

Kejenuhan dan hilangnya fokus ketika proses belajar merupakan hal yang sering dialami oleh siswa. Ada beberapa faktor dapat menjadi penyebab situasi tersebut.

Faktor yang pertama yaitu kurangnya waktu beristirahat yang menyebabkan siswa sulit fokus pada saat belajar, kurangnya waktu istirahat disebabkan oleh banyaknya tugas yang diberikan oleh guru. Kemudian faktor lainya adalah penggunaan metode yang tidak bervariasi seperti penggunaan metode ceramah, mencatat, merangkum, dan tanpa diselingi dengan metode yang lain.

Jika hal itu dibiarkan, maka aktivitas transfer pengetahuan akan terhambat karena apa yang guru sampaikan tidak akan membekas pada diri siswa. Akibatnya proses belajar mengajar bisa dikatakan kurang bermaknan meskipun memang tidak dikatakan gagal.

banyak sebenarnya solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah kejenuhan dan kurangnya fokus siswa dalam belajar. Salah satu diantaranya adalah metode Ice Breaking.

Ice breaking merupakan suatu kegiatan yang mampu mencairkan suasana yang dapat ditempatkan baik itu sebelum pembelajaran berlangsung, diselipkan di tengah-tengah pembelajaran, maupun ketika menjelang akhir pembelajaran.

Bentuk dari ice Breaking itu sendiri banyak jenisnya seperti berupa games, quiz, yel-yel, bernyanyi maupun aktivitas seru lainnya.

Guru yang kreatif pasti sudah pernah menerapkan metode Ice Breaking ini di sela-sela aktifitas pembelajaran. Mereka menyadari bahwa metode ini mampu memberikan efek yang sangat besar untuk mencairkan suasana jenuh dan merefresh fokus belajar siswa. Oleh karena itu, Ice Breaking ini layak direkomendasikan dalam proses pembelajaran.

Namun perlu diketahui, metode Ice Breaking ini tidak hanya bisa diterapkan dalam proses pembelajaran saja tetapi bisa juga diaplikasikan sebagai penawar rasa jenuh, penyegar pikiran dan tenaga disela waktu bekerja.

Dibawah ini akan diuraikan beberapa jenis Ice Breaking yang dapat anda adopsi sebagai upaya pemecah kejenuhan dalam proses pembelajaran di sekolah anda. Oleh karena itu, baca terus artikel ini sampai habis, karena diakhir artikel nanti bakal ada KUMPULAN ICE BREAKING yang dapat anda DOWNLOD secara gratis.

JENIS-JENIS ICE BREAKING

1. Yel-yel

Yel-yel dapat jadi pilihan ice breaking yang paling sederhana tetapi mempunyai tingkat “pemulih” yang paling baik dibanding jenis lain. Yel-yel dapat ditempatkan di awal aktifitas yang sangat berarti sebagai pemicu motivasi yang sangat efektif. Penggunakan yel-yel sebagai  Ice Breaking tentunya akan meningkatkan konsentrasi dan mendorong antusiasme tinggi siswai untuk keberlangsungan pembelajaran.

2. Tepuk Tangan

Tepuk tangan adalah salah satu gerakan sederhana sebagai tanda ekspresi terhadapi apresiasi dan kembiraan. Pemberian tepuk tangan secara mental dapat meningkatkan semangat dan motivasi baik itu dari kita kepada orang lain maupun sebaliknya. Bentuk tepuk tangan dalam konteks Ice Breaking dapat digunakan untuk melatih konsentrasi dengan memvariasikan dengan gerakan lain atau dikombinasikan dengan nyanyian.

3. Bernyayi

Ice Breaking jenis ini paling banyak disukai siswa. Mengapa tidak, bernyanyi diakui sebagai aktivitas yang sangat menyenangkan apalagi dilakukan disel-sela kesibukan dan padatnya aktivitas. Tidak mesti harus bernyanyi layaknya artis atau penyanyi yang sebenarnya, tetapi bisa kita improvisasi lagunya sesuai dengan keinginan kita. Apalagi jika kita ciptakan liriknya sendiri yang sesuai dengan tema pembelajaran kemudian kita padankan dengan nyayian yang sedang populer saat ini.

4. Menggerakan Anggota Badan

Duduk, menyimak dan mendegarkan apa yang disampaikan guru dalam waktu yang cukup lama memang sangat membosankan. Kekakuan otot badan yang dirasakan sangat membuat diri tidak nyaman dan bahkan mengganggu konsentrasi. Disinilah kepekaan seorang guru/pemateri diuji, bagaimana caranya supaya konsentrasi siswa tidak pecah. Ajaklah mereka untuk streaching (peregangan otot) dengan keluar dari posisi duduknya. Lakukan gerakan-gerakan badan yang lucu dan menarik, dengan maksud meredakan ketegangan otot dan syaraf. Aktivitas ini bisa dilakukan secara individu, berpasangan atau berkelompok.

5. Tebak Gambar

Tebak Gambar masuk kedalam Ice Breaking dengan kategori game (permainan) yang bertujuan melatih konsentrasi dan pengetahuan. Caranya adalah siapkan beberapa gambar (bebas misalnya gambar hewan, tumbuhan, buah, profesi, dsb) bisa diprint atau ditampilkan pada layar proyektor. Kemudian intruksikan siswa berdiri berderet dalam 1 baris. Setiap siswa diberikan kesempatan menjawab sesuai dengan gambar yang ditampilkan secara bergiliran. Jika jawaban benar siswa dipersilahkan duduk, tetapi jika salah beri hukuman misalkan dengan mencoret wajahna dengan spidol/kapur dan tidak diprkenankan dihapus sampai pelajaran selesai.

6. Sambung Kata

Sama halnya denga tebak gambar, sambung kata masih termasuk dalam ketegori game. Maksud dari Ice Breaking ini adalah untuk melatih daya ingat sekaligus konsentrasi siswa. Caranya sederhana, biarkan siswa dalam posisi tempat duduk masing-masing. Beri mereka arahan untuk membuat satu buah kata yang dimulai dengan potongan suku kata terakhir dari kata sebelumnya. Sebagai contoh jika siswa pertama diberikan kata “Teknologi”, maka siswa selanjutnya harus membuat kata dengan suku kata awal “Gi” misalkan “Gigih” atau “Girang begitu seterusnya.

7. Siapa Dia

Permainan Ice Breaking ini bertujuan untuk melatih siswa agar lebih mengenal temanya satu sama lain. Caranya adalah menujuk seorang siswa untuk memperkenalkan nama, kelas dan alamat tinggalnya. Kemudian, siswa selanjutnya diminta untuk menyebutkan nama, kelas dan alamat siswa sebelumnya sekaligus dengan memperkelankan dirinya. Jika ada siswa yang tidak berhasil menyebutkan nama, kelas dan alamat temanya, maka sebagai hukumannya adalah menyuruh dia menayakan langsung kepada temanya.

8. Tebak Kata

Tebak Kata paling cocok dikalukan dilakukan secara berkelompok karena ada nilai kerjasama dan kekompakan didalamnya. Tujuan permainanya adalah melatih daya ingat dan konsentrasi siswa. Langkah pertama, guru siapkan beberapa kata kunci dengan cara diprint dengan ukuran cukup besar kemudian bagi siswa berpasang pasangan. Setiap pasang tentukan siapa sebagai penebak kata dan siapa pemberi petunjuk. Cara mainya, si penebak kata memegang kertas kata kunci tepat diatas kepalanya sambil menghadap ketemannya. Selanjutnya temanya memberikan petunjuk kata-kata petunjuk yang menjurus kepada kata kunci tadi untuk ditebak oleh temanya.

9. Berhitung

Permainan ini sering digunakan sebagai Ice braking yang cukup digemari. Pasalnya, jika ada yang salah menjawab mereka akan otomatis tertawa sebab siswa kerap terlihat kebingungan dalam menjawab yang akhirnyta terkesan sangat lucu. Walaupun disebut permainan berhitung bukan berarti siswa harus menyelesaikan soal matematika tetapi mereka hanya mengganti angka sesuai dengan giliranya. Dalam permainan ini diperlukan seorang pemandu yang bertugas mengendalikan permainan.  Cara memainkanya adalah biarkan siswa duduk sesuai dengan tempatnya. Tunjuk salahsatu siswa untuk memulai dari angka 1 kemudian dilanjutkan oleh siswa yang lain. Pemandu mengintruksikan jika ketemu angka ganjil, genap, atau kelipatan ganti dengan kata "DOR", "YES", "MERDEKA", "ASYIK" dsb.

10. Teka-teki

Tidak sedikit orang menganggap Ice Breaking itu hanya membuang-buang waktu. Tetapi jangan salah, Ice Breaking yang menghibur bisa menjdi momen untuk mencairkan suasana, mengurangi kejenuhan dan bahkan dapat mengatasi kurangnya fokus. Menjawab teka-teki atau tebak-tebakan baik yang diceritakan atau yang ditampilkan melalui layar dapat menjadi pilihan Ice Breaking yang menarik. Karena tak jarang kegiatan ini dapat membuat suasana menjadi ceria.

Demikian barangkali uraian mengenai Ice Breaking yang dapat dijadikan rekomendasi bagi anda dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Ingatlah satu hal penting, bahwa guru yang baik itu bukan saja guru yang pintar tetapi guru yang kreatif dan mampu pencairkan kejenuhan serta hilangnya fokus siswa dalam belajar menjadi suasana yang menarik dan menyenagkan.

UNDUHAN

Download Ice Breaking Format PowerPoint Vol. 1 ----->> Unduh DISINI
Download Ice Breaking Format PowerPoint Vol. 2 ----->> Unduh DISINI
Download Ice Breaking Format PowerPoint Vol. 3 ----->> Unduh DISINI

Belum ada Komentar untuk "KUMPULAN ICE BREAKING SEBAGAI PENYEGAR DISELA-SELA PROSES PEMBELAJARAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel