MODUL AJAR BAHASA INGGRIS KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA SESUAI DENGAN BUKU ENGLISH FOR NUSANTARA

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Fase D Kurikulum merdeka

Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi terbaru dalam sistem pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dan kebebasan kepada pendidik dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran. Salah satu perangkat ajar yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka adalah modul pembelajaran. Artikel ini akan membahas modul pembelajaran Bahasa Inggris untuk kelas 7 fase D berdasarkan buku teks "English for Nusantara".

Struktur Modul Pembelajaran

Chapter 1: About Me

Pada bab ini, siswa diperkenalkan dengan cara memperkenalkan diri, keluarga, dan teman-teman. Mereka belajar untuk menggunakan kalimat sederhana untuk mendeskripsikan diri dan orang lain

Chapter 2: Culinary and Me

Bab ini mengajak siswa mengenal berbagai jenis makanan dan minuman serta kebiasaan makan sehari-hari. Siswa akan mempelajari kosakata yang berkaitan dengan makanan dan cara memesan makanan dalam Bahasa Inggris.

Chapter 3: Home Sweet Home

Dalam bab ini, siswa belajar mengenai berbagai jenis rumah dan benda-benda yang ada di dalam rumah. Mereka juga belajar untuk mendeskripsikan rumah mereka dan lingkungan sekitar.

Chapter 4: My School Activities

Bab ini fokus pada kegiatan sehari-hari. Siswa akan belajar untuk menceritakan rutinitas harian mereka, termasuk waktu bangun tidur, pergi ke sekolah, hingga aktivitas di sore dan malam hari.

Chapter 5: This is My School

Bab terakhir ini siswa diajak untuk mengetahui bagian bagian sekolah, termasuk arah dimana letak ruangan-ruangan di sekolah. Siswa juga belajar untuk kegiatan kegiatan yang di lakukan selama belajar di sekolah.

Tujuan Pembelajaran

Modul pembelajaran Bahasa Inggris kelas 7 fase D dirancang untuk membantu siswa mencapai kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dalam konteks kehidupan sehari-hari, memperkenalkan budaya dan kebiasaan yang berkaitan dengan topik yang dipelajari, mengembangkan keterampilan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara secara berimbang serta mengembangkan profil Pelajar Pancasila yang mencakup nilai-nilai seperti gotong royong, mandiri, dan bernalar kritis.

Metode Pembelajaran

Modul ini menggunakan berbagai metode pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti, metode Role-Playing dimana siswa berperan sebagai karakter dalam situasi tertentu untuk mempraktikkan bahasa Inggris. Kemudian, metode Group Discussions disini siswa secara berkelompok berdiskusi membahas suatu topik dan berbagi pendapat. Selanjutnya, metode Presentasi siswa dituntut mempersiapkan dan menyampaikan materi atau hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. Terakhir, metode interactive Games nyaitu dengan mengemas pembelajaran dalam bentuk permainan untuk melatih keterampilan bahasa inggris siswa dengan cara yang menyenangkan. Semua metode yang di jelaskan di atas dapat membuat proses pembelajaran lebih interaktif dan menarik bagi siswa.

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 (Fase D) Kurikulum Merdeka (berdasar Buku teks "English for Nusantara)
---DOWNLOAD---
Baca juga:

Modul pembelajaran Bahasa Inggris kelas 7 Fase D Kurikulum Merdeka dengan mengacu pada buku teks "English for Nusantara", dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Dengan variasi pendekatan dan metode pembelajaran yang fleksibel dan interaktif, modul ini dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi berbahasa inggris yang diharapkan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "MODUL AJAR BAHASA INGGRIS KELAS 7 KURIKULUM MERDEKA SESUAI DENGAN BUKU ENGLISH FOR NUSANTARA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel