CARA TANAM BIJI BIDARA SUPAYA CEPAT TUMBUH

Assalamualaikum...
Menanam biji bidara memang gampang-gampang susah. Seperti anda ketahui buah bidara mempunyai cangkang keras di bagian dalamnya yang mirip menyerupai buah kemiri. Pada awalnya cangkang keras itu disangkanya biji bidara. Orang dengan begitu saya menanam cangkang tersebut secara langsung. Alhasil, bukanya tumbuh malahan tidak ada perubahan sama sekali. Sebab biji bidara sebenarnya terlindung didalam cangkang keras itu, sehingga terhalang pertumbuhannya kecuali dengan cara memecahkan cangkang tadi dan mengeluarkan bijinya terlebih dahulu.


Sekarang ini kita tidak perlu repot untuk  mendapatkan biji bidara. Banyak toko-toko tanaman online yang menyediakan dan menjual biji bidara siap tanam.Kita hanya menyediakan media tanamnya saja tanpa harus memikirkan dari mana bijinya. Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara tanam biji bidara supaya cepat tumbuh. Silahkan perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Mengupas Biji Bidara Cangkang :

  • Jepit biji bidara menggunakan tang lancip atau tang buaya atau jepitan dari bambu, atau apa saja untuk menjepit biji.
  • Pukul atau geprek biji yang dijepit tadi menggunakan palu kecil sampai terdengar bunyi “krek”. Ubah posisi buji ke arah mana saja, geprek lagi perlahan-lahan dan agak cepat istilah sundanya “diketrek”.
  • Bila biji sudah banyak retaknya, lepaskan jepitan dan keluarkan isinya.
  • Hati-hati jangan sampai kulit ari biji intinya retak, tergores, atau tertusuk. Bila hal ini terjadi tanam saja langsung dalam tanah berpupuk dan kering dengan kedalaman 2 cm dan disiram setiap hari dibawah sinar matahari langsung.

Cara Semai Biji Bidara Kupas:

  • Buatlah larutan air bawang merah. Dengan langkah gerus 1 siung bawang merah sampai halus, campurkan air alami atau air sumur kira-kira 100 ml. Rendam biji bidara dalam larutan tadi selama 3 hari 3 malam lalu ditutup.
  • Buang air larutan bawang merah tadi dan pisahkan biji bidaranya.
  • Buat larutan bawang merah yang baru. Siapkan rockwool dan simpan dalam toples kue kering, basahi rockwool dengan larutan air bawang merah yang baru.
  • Taburkan biji bidara di atas rockwool basah.
  • Tutup toples rapat-rapat an disimpan di tempat agak kering, atau terkena pantulan sinar matahari. 
  • Periksa tiap hari sampai biji berkecambah biasanya sekitar 2 sampai 4 hari. Bila semua buji sudah berkecambah atau panjang atau panjang kira-kira 4 cm, buka saja tutup toples.
  • Pindahkan semua biji yang berkecambah dan tanamkan diatas pot atau polibag kecil yang berisi campuran media dengan komposisi tanah : skam padi : pupuk kompos atau humus dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
  • Atau bisa juga (lewati langkah 3 - 5). Tanamkan biji yang belum berkecambah dalam tanah berpupuk dengan kedalaman 2 cm dan disiram setiap hari dibawah sinar matahari pagi langsung.
  • Siram biji yang sudah berkecambah 1 atau 2 kali sehari pagi dan sore. Simpan di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Bila sudah berdaun 4 lembar, pindahkan pot dan polibag ke tempat yang terkena sinar matahari pagi cecara langsung selam kurang lebih 2 - 4 jam. Semakin banyak daun maka semakin lama intensitas terkena sinar matahari.

Catatan: 

Media tanah, tanah harus bersifat porous, artinya bila disiram air bisa meresap dan menembus ke dalam tanah dan tidak menggenang.

Demikian saya bagikan cara tanam biji bidara supaya cepat tumbuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

Terima kasih, wassallam...

Belum ada Komentar untuk "CARA TANAM BIJI BIDARA SUPAYA CEPAT TUMBUH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel