Inilah Cara Gampang Mengetahui Telur Masih Segar Atau Sudah Kadaluwarsa

Telur ayam merupakan salah satu bahan makanan yang termasuk dalam anggota sembako (Sembilan Bahan Pokok) yang sudah menjadi pilihan bahan makanan wajib yang mesti ada di dalam lemari es anda. Selain harganya relatif terjangkau, telur memiliki kadar gizi yang tinggi sehingga sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Sebagai ibu rumah tangga yang baik, untuk menyediakan bahan makanan bagi keluarga disadari atau enggak anda tidak jarang membeli telur dalam jumlah banyak. Hal tersebut dilakukan dengan alasan anda ingin menyetoknya dan kemudian dapat disimpan dalam lemari es. Namun, ternyata tindakan tersebut tidak selamanya benar karena meskipun tersimpan dalam lemari es suatu bahan makanan tidak akan terhindar dari kadaluwarsa.

Makanan yang sudah kadaluwarsa pastinya sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi  sebab kemungkinan besar makanan tersebut sudah terkontaminasi bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Telur juga demikian, memiliki waktu kadaluwarsa meskipun tersimpan dalam lemari es. Mengetahui telur itu masih segar atau sudah kadaluwarsa memang cukup menyulitkan bagi sebagian orang. Hal ini terbilang beralasan karena telur sifatnya bercangkang dan harus dipecahkan terlebih dahulu untuk mengetahui masih layak di konsumsi atau tidak.

Lantas bagaimana cara mengetahui telur itu masih segar atau sudah kadaluwarsa. Berikut giwangkarainfoshare13.blogspot.com akan bagikan cara untuk mengetahuinya.

Cara Gampang mengetahui telur masih segar atau sudah kadaluwarsa 

Tes Pertama Menggunakan Air

Caranya:
  1. Tuangkan air secukupnya kedalam suatu wadah
  2. Masukan telur kedalam wadah satu persatu
  3. Perhatikan pergerakannya, kemudian amati indikatornya
  4. Jika telur itu tenggelam dan berdiri secara horizontal di bagian bawah itu artinya telur tersebut benar-benar segar. Kemudian, jika telur tersebut tenggelam dalam keadaan miring sebelah maka telur tersebut tidak begitu segar. Selanjutnya, jika telur itu tenggelam di dasar wadah dalam posisi vertikal atau bahkan mengapung, maka telur tersebut sudah kadaluwarsa dan tidak lagi layak di konsumsi.

Tes Kedua Dengan Memecah Telurnya

Cara ini dilakukan jika dari cara yang pertama tadi andakurang yakin yakin dan terpaksa harus memecahkan telurnya.
Caranya:
  1. Siapkan 1 buah piring
  2. Pecahkan telur dan tuangkan isinya kedalam piring
  3. Perhatikan kondisi telurnya
  4. Telur yang masih segar mempunyai ciri-ciri memiliki kuning telur bulat dan padat dan bagian luar putih tipis. Kemudian telur yang segar lebih gampang dipisahkan antara kuning dengan putihnya 
  5. Ketika digunakan untuk makanan seperti telur dadar, orak arik dan kue telur yang segar dapat membuat makana itu mengembang sementara itu telur yang telah kadaluwarsa sebaliknya akan membuat makanan lembek dan tidak mengembang.
Sekedar untuk diketahui saja bahwa tidak semuanya telur yang kadaluwarsa tidak dapat dikonsumsi, tetapi ada juga yang masih layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, lakukan kedua cara diatas untuk mengetahuinya sebelum anda memutuskan membuangnya.

Itu barangkali sedikit informasi bagaimana cara mengetahui telur ayam masih segar atau sudah kadaluarsa yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan tentunya bermanfaat bagi kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Gampang Mengetahui Telur Masih Segar Atau Sudah Kadaluwarsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel